duniapendidikan, erainternet, duniaedukasi, memilihwebsite, memilahwebsite, solusicerdas, sumberinformasi
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

Binus Siap Jadi "World Class University"

Binus Siap Jadi "World Class University"
Laporan wartawan KOMPAS.com Caroline Damanik
Kamis, 7 Oktober 2010 | 19:32 WIB
SHUTTERSTOCK

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak dicanangkan pada tahun 2007, Universitas Bina Nusantara tengah bersiap diri menuju standar world class university di tahun 2020 mendatang. Cita-cita world class university ini merupakan bagian besar dari visi world class knowledge institution yang dicanangkan Binus untuk seluruh institusi pendidikannya.

Corporate Communication Binus Haris Suhendra mengatakan tahun 2020 merupakan waktu yang tepat untuk mencapai cita-cita world class karena banyak langkah yang harus dilakukan untuk mempersiapkannya. "Kita per lima tahun mem-break down -nya dalam visi misi. Tak mudah mencapai itu karena memang harus dipersiapkan," ungkapnya kepada Kompas.com , Kamis (7/10/2010).

Universitas Binus menetapkan target per lima tahun untuk mencapai cita-cita world class dengan indikator-indikator khusus, terkait daya saing sumber daya manusia yang dihasilkan, riset, kontribusi terhadap masyarakat, kualitas tenaga pengajar, jaringan kerja sama dengan dunia luar serta kewirausahaan.

Haris mengatakan world class university tentunya diukur dengan seberapa banyak sumber daya manusia yang dihasilkannya diserap oleh dunia kerja baik dalam negeri maupun luar negeri. Standar itu juga terkait dengan riset yang berdampak besar dan berkontribusi terhadap masyarakat.

Tentu saja ini bisa dihasilkan melalui kualitas tenaga pengajar yang terus meningkat serta daya saing para mahasiswa-mahasiswanya. Tak lupa lanjutnya, Binus melatih kemampuan kewirausahaan para mahasiswanya, baik melalui mata kuliah maupun pelatihan di Binus Enterpreneurship Center. Di lembaga ini, para mahasiswa bisa dibimbing untuk belajar membangun usahanya sendiri.

"Kita optimistis ini terwujud. Dari pemerintah, mereka justru ajak perguruan tinggi swasta menuju ke sana. Dukungan pemerintah sangat baik. Selain itu, kerja sama dengan dunia usaha luar juga terus dibangun," ungkapnya.

Salah satunya dengan Google. Universitas Binus dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Google Developers Festival (Google D3vF3st) 2010, 7-8 Oktober. Acara yang baru digelar pertama kali di Indonesia ini bertujuan menjembatani komunikasi antara Google dengan para pengembang di Indonesia.

"Di 2020 kami ingin menjadi world class university , kami mencoba berkolaborasi dengan industri, supaya Binus bisa relevan dengan industri," katanya.

Copyright © 2019 effendi · All Rights Reserved