duniapendidikan, erainternet, duniaedukasi, memilihwebsite, memilahwebsite, solusicerdas, sumberinformasi
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

International Earth Science Olympiad 8 Siswa Terbaik Perkuat Tim Indonesia

International Earth Science Olympiad
8 Siswa Terbaik Perkuat Tim Indonesia
Laporan wartawan Kompas.com M.Latief
Senin, 6 September 2010 | 15:38 WIB
IESO2010
Tim IESO Indonesia 2010 ini antara lain Ardy Ramadhan (SMAN 48 Jakarta), Asri Oktavioni (SMAN 8 Jakarta), Ega Gita Prasastia (SMAN 2 Purwokerto), Fajar Febiani Amanda (SMAN 1 Banjarnegara), I Wayan Punia Raharja (SMAN 1 Amlapura), Kamil Ismail (MAN Insan Cendikia Serpong Banten), Mikey (SMAN 1 Pekanbaru), dan Rio Priandri nugroho (SMAN 3 Yogyakarta).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tuan rumah Olimpiade Ilmu Kebumian Tingkat Internasional (International Earth Science Olympiad/IESO) ke-4 tahun ini, tim Indonesia akan diwakili oleh 8 siswa-siswi terbaiknya. Pada keikutsertaan IESO pertama di Korea Selatan, Indonesia meraih prestasi 4 medali perunggu, sedangkan pada IESO ke-3 di Taiwan, Indonesia meraih satu perak dan dua perunggu.

Tim A akan menjadi tim inti yang akan masuk dalam hitungan perolehan medali, sedangkan tim B hanyalah sebagai tim tamu atau observer.
-- Saptono Budi S

Siswa-siswi yang akan memperkuat tim Indonesia di IESO 2010 ini antara lain adalah Ardy Ramadhan (SMAN 48 Jakarta), Asri Oktavioni (SMAN 8 Jakarta), Ega Gita Prasastia (SMAN 2 Purwokerto), Fajar Febiani Amanda (SMAN 1 Banjarnegara), I Wayan Punia Raharja (SMAN 1 Amlapura), Kamil Ismail (MAN Insan Cendikia Serpong Banten), Mikey (SMAN 1 Pekanbaru), dan Rio Priandri nugroho (SMAN 3 Yogyakarta).

Adapun tim pembina yang akan mendampingi mereka adalah Saptono Budi Samodra dari Jurusan Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr. Hakim L. Malasan dari Jurusan Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), Joko Wiratmo dari Jurusan Meteorologi ITB, serta Warsito Atmojo dari Jurusan Oseanologi Universitas Diponegoro (Undip).

"Serangkaian kegiatan pembinaan dan proses seleksi telah diikuti dengan baik oleh siswa Indonesia yang terpilih mewakili Indonesia," ujar Saptono Budi Samodra, salah satu dosen pembina IESO 2010, di Jakarta, Senin (6/9/2010).

Menurutnya, para siswa telah berusaha keras menguasai materi, karena hampir semua materi yang diberikan selama pembinaan memang tidak didapatkan di bangku sekolah. Proses seleksi IESO tahun ini, lanjut dia, dilakukan lebih selektif dengan empat kali proses penyaringan.

“Pembinaan pertama menyeleksi 32 siswa menjadi 22, lalu menjadi 15 orang, kemudian 10 orang hingga akhirnya terpilih 8 orang siswa pada seleksi tahap ke IV. Merekalah yang menjadi wakil Indonesia," kata Saptono.

Nantinya, kedelapan siswa tersebut akan dibagi menjadi dua tim, yakni tim A dan tim B. Masing-masing tim diperkuat oleh 4 orang. 

"Tim A akan menjadi tim inti yang akan masuk dalam hitungan perolehan medali, sedangkan tim B hanyalah sebagai tim tamu atau observer," jelas Saptono.

Untuk persiapan akhir, kedelapan siswa Indonesia tersebut masih akan mengikuti tahap pembinaan atau proses pemantapan akhir yang akan dilakukan setelah perayaaan Idul Fitri pekan depan.

Diberitakan sebelumnya di Kompas.com , Senin (6/9/2010), Indonesia akan menjadi tuan rumah Olimpiade Ilmu Kebumian Tingkat Internasional (International Earth Science Olympiad/IESO) ke-4 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, 19-8 September 2010.

IESO adalah kompetisi siswa tingkat sekolah menengah atas (SMA) di bidang ilmu kebumian yang meliputi geologi, geofisika, oseanografi, meteorologi, serta astronomi.

Copyright © 2019 effendi · All Rights Reserved